Resep Cara Memasak Steak - Tips Membuat Steak EMpuk dan Enak

Diposkan oleh Unknown on


Resep Cara Memasak Steak - Steak pertama kali diperkenalkan oleh tentara Inggris di Perancis setelah perang Waterloo. Hidangan ini biasanya terbuat dari sekerat daging mulai dari berat 100 hingga 400 gr. Untuk menikmati 1 porsi Beef Steak biasanya kita harus menguras dompet dengan mengunjungi restoran-restoran yang menyediakan steak.

Resep Cara Memasak Steak - Tips Membuat Steak EMpuk dan Enak

Ada beberapa tips memasak steak yang bisa anda dilakukan di rumah agar steak yang kamu buat jadi lebih lembut, empuk tanpa menghilangkan sarinya.


  1. Usahakan memotong daging dengan cara melawan urat agar daging tidak alot. Pilih daging bagian paling lunak seperti sirloin atau topside untuk hasil steak yang maksimal. Kemudian layukan daging di dalam freezer selama 1 malam agar tekstur daging lebih empuk.
  2. Ambil daging steak dari freezer, diamkan selama 30 menit sebelum dimasak agar suhu daging sesuai dengan suhu ruangan. Ini akan membuat daging ketika dimasak  memiliki warna coklat yang lebih cantik dan lebih cepat matang merata.
  3. Panaskan pemanggang terlebih dahulu sampai suhu yang diinginkan. Ini akan membantu Anda untuk mendapatkan hasil panggangan yang bagus dan tidak layu. Selain itu, ini akan mengunci sari di dalam daging, sehingga daging akan lebih terasa juicy dan lembut.
  4. Pastikan daging untuk steak ini masih segar. 
  5. Untuk menambah rasa, terutama spicy, rendam daging (di-marinade) dengan bumbu-bumbu seperti merica, lada hitam, bawang putih, minyak zaitun dan daun rosemary. Dan sebaiknya jangan diberi garam karena akan membuat daging kehilangan sarinya, menjadi keras dan terasa kurang lezat. Daging yang di-marinade harus disimpan di tempat dingin dan tidak boleh terlalu lama karena  kalau kelamaan, sari daging akan mengalir keluar sehingga cita rasa sapi akan lenyap. 
  6. Setelah dibumbui atasnya, tutupi daging pakai daun pepaya kira-kira 2 jam. 
  7. Jangan pernah memasak steak terlalu lama karena tekstur daging akan alot dan rasa manis khas daging menjadi hilang.
  8. Pada saat daging dipanggang maka pastikan steak hanya dibalik satu kali saja. Sekitar tiga menit pada kedua sisinya. Jika kedua sisi daging dirasa masih kurang matang, jangan dibolak balik, lebih baik masukkan ke dalam oven hingga matang.
  9. Tingkat kematangan steak ada beberapa macam, seperti:
    • Very Rare : untuk 225 gr daging dimasak 1 menit setiap sisinya. Pada tingkat ini, bagian luar daging berubah warna, sedangkan dalamnya masih mentah.
    • Rare : untuk setiap 225 gr daging, dimasak 2 menit setiap sisinya. Warna permukaan merah muda, sedang dalamnya mentah dan berdarah.
    • Medium: untuk 225 gr daging dimasak 3-4 menit setiap sisinya. Bagian luar berwarna kecoklatan, dalamnya merah muda hampir matang.
    • Well done : untuk 225 gr daging dimasak 5 menit setiap sisinya. Daging matang, Untuk penggemar steak tingkat kematangan ini tidak disarankan sebab daging kehilangan gurihnya..



Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment