Minyak Kelapa Ampuh Lawan Bakteri Makanan

Diposkan oleh Unknown on

Bukan hanya kelapanya saja, namun ekstrak minyak kelapa juga ternyata bermanfaat untuk melawan bakteri makanan. Monolaurin, si ekstrak minyak kelapa ini dinyatakan aman oleh Badan pengawas Obat dan Pangan Amerika (FDA) sebagai antimikroba.



Peneliti dari Universitas Zhejiang di Cina mempelajari penggunaan monolaurin sebagai pengawet dalam produk makanan non-tradisional dengan menggabungkan antimikroba yang umum digunakan dalam berbagai konsentrasi dan mengujinya pada jenis bakteri termasuk bakteri Escherichia, juga pada komponen makanan seperti protein kedelai dan bakteri yang larut dalam air pati.


Temuan para peneliti antara lain:
  • Monolaurin yang dikombinasikan dengan asam ethylenediaminetetraacetic (EDTA), efektif terhadap bakteri escherichia dan bacillus subtilis tetapi tidak terhadap bakteri staphylococcus aureus.
  • Ketika dikombinasikan dengan Nisin antimikroba, monolaurin merupakan sinergis efektif terhadap ketiga bakteri.
  • Peneliti mempelajari interaksi monolaurin dengan komponen makanan dan menemukan efektivitas antibakteri berkurang oleh lemak atau pati yang tidak terpengaruh oleh protein.
"Hasil studi ini memberikan kontribusi untuk memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai penggunaan monolaurin sebagai pengawet non tradisional. Selain sebagai antimikroba dalam produk makanan, efek monolaurin dapat meningkat jika digunakan bersama-sama atau dalam kombinasi dengan sistem bahan pengawet lainnya," ujar peneliti Hui Zhang.
Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment