Polusi Udara Berpotensi Menyebarkan Virus TB

Diposkan oleh Unknown on

w-cantik.blogspot.com - Tim peneliti yang dipimpin Dr. Stephen Schwander dari University of Medicine and Dentistry, New Jersey -- School of Public Health (UMDNJ-SPH), menyatakan bahwa paparan komponen umum dari polusi udara perkotaan berhubungan dengan perubahan fungsi sel-sel penting pada sistem kekebalan tubuh yang bertugas melindungi tubuh dari bakteri mycobacterium tuberculosis (TB).



Dalam Journal of Immunology, para ilmuwan menjelaskan temuan mereka bahwa paparan partikel diesel knalpot (DEP) menekan fungsi sel-sel kekebalan fagositik (sejenis sel darah putih yang mencerna partikel asing, seperti bakteri) pada tingkat sel. Paparan ini kemungkinan menyebabkan orang yang terkena kurang mampu melawan infeksi bakteri mycobacterium tuberculosis ini.

Dalam sebuah penelitian laboratorium terbukti bahwa paparan DEP membuat sel kurang responsif. Uji coba tersebut melibatkan sampel darah dari 20 orang sehat.

"Sel-sel, pada dasarnya, menjadi peka terhadap rangsangan dengan bakteri penyebab TB. Efek ini bahkan menjadi lebih besar dalam sel yang sudah berkembang sebelum terpapar DEP dibandingkan pada mereka yang memiliki paparan DEP bersamaan dengan mycobacterium tuberculosis." Jelas Schwander.

Tuberkulosis diperkirakan menimpa sekitar 8-10 juta orang dan menyebabkan 1,5 juta kematian setiap tahun di seluruh dunia. TB menjangkit dalam skala yang sangat tinggi terutama di negara berpenghasilan rendah dan menengah yang mengalami pertumbuhan industri pesat dan peningkatan lalu lintas kendaraan bermotor di daerah perkotaan yang berpenduduk padat. Pada tahun 2030, para ilmuwan memperkirakan bahwa 50 persen dari populasi dunia akan hidup di lingkungan perkotaan.

"Karena sudah ada bukti epidemiologi yang menghubungkan tuberkulosis dengan merokok dan beberapa bentuk polusi udara dalam ruangan, tampaknya logis untuk melihat polusi udara luar juga berkolerasi dengan berkembangnya virus TB. Temuan ini dapat menjadi satu langkah besar untuk studi epidemiologi yang lebih besar dalam lingkungan yang nyata." Kata Schwander.
Source
Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment